Formasi PSG 2021, Formula 4-2-3-1 Ala Pochetino

Formasi PSG 2021 di bawah asuhan eks manajer Tottenham, Mauricio Pochettino akan menggunakan formasi yang berbeda. Jika pendahulunya, yaitu Thomas Tuchel gemar memakai formasi 4-3-3, maka PSG ala Pochettino memakai pola 4-2-3-1.seperti di Tottenham. Bagaimana formasi lengkapnya? Ini dia pembahasannya:

1. Kiper

Posisi kiper PSG akan diberikan kepada kepada Keylor Navas. Mantan pemain Real Madrid itu, musim lalu, berhasil mencetak total 19 kali nirbobol dari 35 pertandingan di semua kompetisi. Sementara itu, di musim keduanya Keylor Navas masih dipercaya mengawal gawang PSG. Total, Navas telah memainkan 43 pertandingan dengan 18 kali nirbobol.

2. Bek Tengah

Mauricio Pochettino mempercayakan posisi bek tengah kepada duet bek Perancis-Brazil, yaitu Marquinhos dan Presnel Kimpembe. Keduanya adalah pilihan utama Tuchel maupun Pochettino. Sebab, keduanya menjadikan pertahanan PSG lebih kokoh. Musim lalu, PSG hanya kebobolan 24 gol hanya selisih 3 gol dari Reims dengan 21 gol di Ligue 1.

See also  Gaji Pemain Sepak Bola Indonesia Per Bulan, Ini Ulasannya

Sementara itu, lini pertahanan PSG agak menurun musim ini. Klub yang bermarkas di Parc Des Prince itu baru-baru saja telah kebobolan 28 gol dari 27 pertandingan di Liga Prancis. Namun kabar baiknya, Marquinhos masih produktif untuk mencetak gol. Total mantan punggawa As Roma itu,  telah mencetak 6 gol dan 1 assist di semua kompetisi. Hal itu sama dengan pencapaiannya musim lalu.

3. Bek Kanan

Pochettino mempercayakan posisi bek kanan kepada produk binaan PSG, yaitu Colin Dagba. Pemain berdarah Perancis-Bosnia itu telah tampil 32 kali di semua kompetisi. Pemain yang dipromosikan Thomas Tuchel tahun 2018 lalu ini dimainkan untuk menggantikan peran Thomas Meunier yang pindah ke Dortmund. Kemudian Dagba  bersaing dengan Kehrer di posisi bek kanan.

4. Bek Kiri

Pochettino memiliki banyak pilihan di posisi ini, diantaranya ada Adou Dialo, Layvin Kurzawa, bahkan Alessandro Fiorenzi serta Mitchel Bakker. Semua pemain tersebut bisa menempati posisi yang telah disebutkan.

Tapi di Kompetisi domestik, Pochettino cenderung memilih Layvin Kurzawa sebagai bek kiri. Alasannya karena Kurzawa unggul dari segi pengalaman. Selain itu, Kurzawa juga piawai mengirim umpan akurat. Kurzawa telah mencatat, 2 assist dan 1 gol musim ini.

See also  Biografi Andik Vermansyah, Dari Susah Jadi Sukses

5.  Gelandang Bertahan

Gelandang bertahan mempunyai peranan penting dalam formasi PSG 2021 asuhan Mauricio Pochettino. Sebab, dalam formasi 4-2-3-1 yang ditugaskan untuk memotong alur serangan dari tengah. Beruntung, untuk posisi ini Pochettino juga diberi stok melimpah. Ada Hererra, Paredes, Gueye, Veratti, dan Danilo Pereira.  

Namun, dari beberapa nama di atas, Pochettino tampaknya jatuh hati dengan duet Gueye dan Danilo Pereira. Penyebabnya kedua pemain tersebut, sering diturunkan Pochettino di 13 penampilan di kompetisi lokal.

Sedangkan di Liga Champions,  Mauricio Pochettino memilih gelandang yang berbeda, yaitu memakai lebih banyak formasi 3 gelandang dalam skema 4-3-3, yakni trio Hererra, Paredes serta, Veratti. Hasilnya cukup memuaskan, karena berhasil mencatat 3 kali menang, 1 kali imbang  dan 3 kekalahan.

6. Gelandang Serang

Posisi gelandang serang dalam skema 4-2-3-1 memiliki 2 tugas yang berbeda,  yakni 1 gelandang berfungsi sebagai playmaker dengan 2 gelandang sisanya bertugas untuk menyerang dari dua sisi sayap. PSG asuhan Mauricio Pochettino mengandalkan Neymar sebagai distributor bola kepada penyerang, sekaligus pendobrak pertahanan lawan. Bahkan, mencetak gol bagi PSG.

See also  Bek Kiri Terbaik Indonesia Yang Menginspirasi

Sedangkan Angel di Maria dan Kylian Mbappe bertugas menyerang dari kedua sisi sayap. Kolaborasi ketiganya, sangat bagus. Sebab, trio Eropa-Amerika Latin itu total mencetak 48 gol di semua kompetisi. Sungguh permainan yang sangat memukau.

7. Penyerang Tengah

Posisi Penyerang tengah dalam formasi 4-2-3-1 sangat penting dalam formasi 4-2-3-1 karena stiker seharusnya dapat diandalkan untuk mencetak gol. Namun, saat ini performa penyerang tengah PSG yang cemerlang hanya Kean dengan sumbangan 13 gol.

sedangkan Icardi, hanya menyumbang 7 gol di PSG. Padahal, formasi ini membutuhkan striker tajam sebagai eksekutor peluang dalam kotak penalti. Sehingga skema 4-2-3-1 dapat  diterapkan permanen sebagai formasi PSG 2021.

Demikian, pembahasan lengkap tentang formasi PSG 2021 asuhan Mauricio Pochettino. Semoga,  dapat memberikan penjelasan menyeluruh tentang formasi yang dipakai Pochettino saat melatih PSG tahun ini.

You May Also Like

About the Author: Haneru Hikaru