Bek Kiri Terbaik Indonesia Yang Menginspirasi

Posisi sebagai bek kiri atau sayap kiri dalam permainan sepak bola terbilang sangat sulit dan menantang. Butuh skill khusus dan setiap pemain dituntut memiliki kekuatan tumpuan kaki kiri atau kidal. Inilah sederet nama-nama bek kiri terbaik Indonesia dengan segudang prestasi yang menginspirasi. Simak pemaparannya di bawah ini:

1. Aji Santoso

Pemain profesional yang sempat mengharumkan nama Indonesia dalam ajang Sea Games tahun 1991 ini bernama Aji Santoso. Pesepak bola dengan posisi bek kiri ini pernah menjadi bagian dari beberapa klub sepak bola besar Indonesia. Beberapa klub tersebut diantaranya Arema Malang, PSM Makassar, Persebaya Surabaya, dan juga Timnas Indonesia.

Nama Aji Santoso tertulis sebagai pemain yang memenangkan juara saat pertandingan PSSI. Setelah sukses menjadi pemain sayap kiri terbaik yang dimiliki Indonesia, Aji pensiun dan beralih menjadi pelatih bahkan menuai banyak prestasi. Kala itu, Arema berhasil mengalahkan Borneo FC pada Piala Presiden tahun 2017.

See also  Pencetak Gol Terbanyak Juventus Sampai Mei 2021

2. Ortizan Solossa

Sama-sama senior, Ortizan Solossa juga pernah bermain bersama dengan Aji Santoso sebagai bek kiri squad PSM Makassar dan Timnas Indonesia. Performa Ortizan Solossa sebagai bek kiri juga sangat baik dan termasuk bek yang paling disuka oleh Herman. Sosok pemain bola ini juga pernah menempatkan dirinya di posisi bek kanan.

Ortizan Solossa berhasil meraih juara dan mendapat trophy di Liga Indonesia pada musim 1999-2000. Tidak hanya itu, pemain bek ini juga pernah berhasil menjadi runner-up sebanyak 2 kali pada 2003 dan tahun 2004. Pada saat Piala AFF 2004, Ortizon Solossa juga ikut andil dalam memperkuat pertahanan Timnas Indonesia.

3. Ruben Sanadi

Seorang bek kiri terbaik Indonesia selanjutnya adalah Ruben Sanadi. Pemain yang masih eksis di usianya yang ke 33 tahun ini sangat aktif melayani penyerang melalui umpan-umpan silangnya. Apabila dilihat dari segi bermainnya, Ruben terlihat sangat kompatibel dan mampu menjaga penampilannya ketika bertanding.

See also  Pemain Sepak Bola Tersambar Petir

Ruben Sanadi selalu menjadi starter dari setiap klub yang dibela, diantaranya Persipura, Bhayangkara FC, ataupun Persebaya. Sosoknya juga sangat konsisten memenuhi panggilan Timnas Indonesia dan tercatat mampu mengantongi sebelas caps bersama dengan squad Tim Nasional Indonesia.

4. Ricky Fajrin

Pemain bek yang bernama lengkap Ricky Fajrin Saputra menempati posisi sebagai bek kiri terbaik dengan performa yang menawan. Awal mulanya, Ricky berasal dari klub Bali United. Kemudian lolos dalam kategori pesepak bola profesional sejak ikut bertanding dalam laga Bali United melawan Perseru di tahun 2015 silam.

Ricky Fajrin juga masuk daftar nama pemain dalam squad Timnas U19 dan mengharumkan nama Indonesia di tahun 2013 pada ajang Piala AFF. Ricky Fajrin memenuhi panggilan sebagai anggota Timnas senior tahun 2017 dan selalu menjadi andalan dari klub yang digawanginya.

See also  Pencetak Gol Terbanyak Real Madrid Sampai Mei 2021

5. Ardi Idrus

Deretan nama bek kiri terbaik dari Indonesia selanjutnya adalah Ardi Idrus. Pesepakbola yang berasal dari squad Persib Bandung ini sangat menginspirasi dan bisa dijadikan contoh bagi generasi selanjutnya. Ardi Idrus bergabung sebagai bek kiri Persib sejak tahun 2018 dan terbilang permanen di lini pertahanan.

Ardi Idrus juga sukses menembus kelompok Timnas Indonesia dan tercatat telah mengantongi 63 pertandingan. Pada tahun 2018, Ardi Idrus bersama tim Persib berhasil menang dengan skor 3-2 atas Persija di kandang sendiri.

Demikian beberapa deretan nama bek kiri terbaik Indonesia yang menuai prestasi gemilang dan membanggakan. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan serta menginspirasi para pembaca untuk terus berlatih dan meraih mimpi.

You May Also Like

About the Author: Haneru Hikaru